Karya Desain sub sub

Berikut adalah sub-sub pembahasan untuk Desain Komunikasi Visual (DKV) yang mencakup berbagai bidang spesialisasi:

### 1. **Print Design**
   - **Prinsip Desain Cetak**: Memahami prinsip dasar dalam desain cetak, seperti tata letak, penggunaan warna, dan tipografi.
   - **Produksi dan Material**: Memilih bahan cetak yang tepat dan memahami proses produksi.
   - **Desain Publikasi dan Iklan**: Membuat desain untuk publikasi cetak seperti brosur, poster, dan iklan majalah.

### 2. **Videografi**
   - **Teknik Pengambilan Gambar**: Mempelajari teknik dasar dan lanjutan dalam pengambilan video.
   - **Editing Video**: Menguasai perangkat lunak editing dan proses post-production.
   - **Narasi Visual**: Membangun alur cerita yang efektif melalui videografi.

### 3. **Fotografi**
   - **Komposisi Fotografi**: Memahami prinsip-prinsip komposisi dalam fotografi.
   - **Penggunaan Kamera dan Lensa**: Menguasai teknik dasar penggunaan kamera dan lensa.
   - **Editing dan Manipulasi Gambar**: Menggunakan software untuk editing dan manipulasi foto.

### 4. **Tipografi**
   - **Prinsip Tipografi**: Memahami elemen-elemen dasar dalam tipografi.
   - **Pemilihan Font**: Menentukan jenis font yang tepat untuk berbagai aplikasi desain.
   - **Keterbacaan dan Hierarki**: Mengatur teks untuk meningkatkan keterbacaan dan membangun hierarki visual.

### 5. **Typeface Design**
   - **Proses Desain Huruf**: Langkah-langkah dalam mendesain font dari sketsa hingga digitalisasi.
   - **Estetika dan Fungsionalitas**: Menyeimbangkan estetika dan fungsionalitas dalam desain huruf.
   - **Penerapan Typeface**: Mengaplikasikan typeface yang dirancang ke dalam proyek desain nyata.

### 6. **Storyboarding**
   - **Dasar-dasar Storyboarding**: Membuat papan cerita untuk memvisualisasikan alur cerita.
   - **Teknik Visualisasi Ide**: Menyusun frame dan shot untuk menyampaikan ide cerita.
   - **Penggunaan Storyboard dalam Produksi**: Menggunakan storyboard sebagai panduan dalam produksi video atau animasi.

### 7. **Ilustrasi**
   - **Teknik Ilustrasi**: Menguasai berbagai teknik ilustrasi manual dan digital.
   - **Penggunaan Warna dan Gaya**: Menyesuaikan gaya ilustrasi dengan tujuan komunikasi visual.
   - **Ilustrasi Editorial dan Komersial**: Menerapkan ilustrasi dalam konteks editorial dan komersial.

### 8. **Sequential Art**
   - **Penyusunan Panel**: Teknik dalam menyusun panel-panel cerita bergambar (komik).
   - **Pengembangan Karakter dan Plot**: Membuat dan mengembangkan karakter serta alur cerita.
   - **Penggunaan Sequential Art dalam Media**: Menerapkan sequential art di berbagai media, seperti webcomics dan graphic novels.

### 9. **Motion Graphic**
   - **Prinsip Animasi**: Memahami prinsip dasar animasi dalam motion graphic.
   - **Perancangan Motion Graphic**: Mendesain elemen visual yang dinamis dan interaktif.
   - **Penggunaan Motion Graphic dalam Branding**: Menerapkan motion graphic dalam pembuatan identitas visual perusahaan.

### 10. **Web & App Design**
   - **Desain Antarmuka (UI)**: Merancang antarmuka pengguna yang intuitif dan estetis.
   - **Pengalaman Pengguna (UX)**: Meningkatkan pengalaman pengguna melalui desain interaktif yang fungsional.
   - **Responsiveness dan Adaptasi Mobile**: Memastikan desain website dan aplikasi sesuai untuk berbagai perangkat.

### 11. **UI-UX Design**
   - **Prototyping dan Wireframing**: Membangun prototipe dan wireframe sebagai blueprint desain.
   - **User Research dan Testing**: Melakukan penelitian pengguna dan pengujian untuk iterasi desain.
   - **Desain untuk Aksesibilitas**: Merancang dengan mempertimbangkan aksesibilitas bagi semua pengguna.

### 12. **Concept Art**
   - **Pengembangan Ide Visual**: Menerjemahkan konsep abstrak menjadi ide visual yang konkret.
   - **Teknik Digital dan Tradisional**: Menggunakan berbagai teknik dalam membuat concept art.
   - **Aplikasi Concept Art dalam Industri**: Menerapkan concept art dalam industri game, film, dan animasi.

### 13. **Environmental Graphic Design**
   - **Desain Ruang dan Lingkungan**: Mendesain elemen visual untuk lingkungan fisik, seperti signage dan wayfinding.
   - **Integrasi Identitas Visual**: Mengintegrasikan identitas visual perusahaan ke dalam lingkungan fisik.
   - **Sustainability dalam Desain**: Mempertimbangkan aspek keberlanjutan dalam environmental graphic design.

### 14. **Other Related Fields**
   - **Desain Interaktif**: Mengembangkan desain yang interaktif untuk berbagai platform digital.
   - **Branding dan Identitas Visual**: Membangun dan menerapkan identitas visual yang konsisten untuk brand.
   - **Design Thinking**: Menggunakan metode design thinking dalam proses desain untuk menghasilkan solusi inovatif.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak