Berikut adalah sub-sub pembahasan untuk Desain Komunikasi Visual (DKV) yang mencakup berbagai bidang spesialisasi:
### 1. **Print Design**
- **Prinsip Desain Cetak**: Memahami prinsip dasar dalam desain cetak, seperti tata letak, penggunaan warna, dan tipografi.
- **Produksi dan Material**: Memilih bahan cetak yang tepat dan memahami proses produksi.
- **Desain Publikasi dan Iklan**: Membuat desain untuk publikasi cetak seperti brosur, poster, dan iklan majalah.
### 2. **Videografi**
- **Teknik Pengambilan Gambar**: Mempelajari teknik dasar dan lanjutan dalam pengambilan video.
- **Editing Video**: Menguasai perangkat lunak editing dan proses post-production.
- **Narasi Visual**: Membangun alur cerita yang efektif melalui videografi.
### 3. **Fotografi**
- **Komposisi Fotografi**: Memahami prinsip-prinsip komposisi dalam fotografi.
- **Penggunaan Kamera dan Lensa**: Menguasai teknik dasar penggunaan kamera dan lensa.
- **Editing dan Manipulasi Gambar**: Menggunakan software untuk editing dan manipulasi foto.
### 4. **Tipografi**
- **Prinsip Tipografi**: Memahami elemen-elemen dasar dalam tipografi.
- **Pemilihan Font**: Menentukan jenis font yang tepat untuk berbagai aplikasi desain.
- **Keterbacaan dan Hierarki**: Mengatur teks untuk meningkatkan keterbacaan dan membangun hierarki visual.
### 5. **Typeface Design**
- **Proses Desain Huruf**: Langkah-langkah dalam mendesain font dari sketsa hingga digitalisasi.
- **Estetika dan Fungsionalitas**: Menyeimbangkan estetika dan fungsionalitas dalam desain huruf.
- **Penerapan Typeface**: Mengaplikasikan typeface yang dirancang ke dalam proyek desain nyata.
### 6. **Storyboarding**
- **Dasar-dasar Storyboarding**: Membuat papan cerita untuk memvisualisasikan alur cerita.
- **Teknik Visualisasi Ide**: Menyusun frame dan shot untuk menyampaikan ide cerita.
- **Penggunaan Storyboard dalam Produksi**: Menggunakan storyboard sebagai panduan dalam produksi video atau animasi.
### 7. **Ilustrasi**
- **Teknik Ilustrasi**: Menguasai berbagai teknik ilustrasi manual dan digital.
- **Penggunaan Warna dan Gaya**: Menyesuaikan gaya ilustrasi dengan tujuan komunikasi visual.
- **Ilustrasi Editorial dan Komersial**: Menerapkan ilustrasi dalam konteks editorial dan komersial.
### 8. **Sequential Art**
- **Penyusunan Panel**: Teknik dalam menyusun panel-panel cerita bergambar (komik).
- **Pengembangan Karakter dan Plot**: Membuat dan mengembangkan karakter serta alur cerita.
- **Penggunaan Sequential Art dalam Media**: Menerapkan sequential art di berbagai media, seperti webcomics dan graphic novels.
### 9. **Motion Graphic**
- **Prinsip Animasi**: Memahami prinsip dasar animasi dalam motion graphic.
- **Perancangan Motion Graphic**: Mendesain elemen visual yang dinamis dan interaktif.
- **Penggunaan Motion Graphic dalam Branding**: Menerapkan motion graphic dalam pembuatan identitas visual perusahaan.
### 10. **Web & App Design**
- **Desain Antarmuka (UI)**: Merancang antarmuka pengguna yang intuitif dan estetis.
- **Pengalaman Pengguna (UX)**: Meningkatkan pengalaman pengguna melalui desain interaktif yang fungsional.
- **Responsiveness dan Adaptasi Mobile**: Memastikan desain website dan aplikasi sesuai untuk berbagai perangkat.
### 11. **UI-UX Design**
- **Prototyping dan Wireframing**: Membangun prototipe dan wireframe sebagai blueprint desain.
- **User Research dan Testing**: Melakukan penelitian pengguna dan pengujian untuk iterasi desain.
- **Desain untuk Aksesibilitas**: Merancang dengan mempertimbangkan aksesibilitas bagi semua pengguna.
### 12. **Concept Art**
- **Pengembangan Ide Visual**: Menerjemahkan konsep abstrak menjadi ide visual yang konkret.
- **Teknik Digital dan Tradisional**: Menggunakan berbagai teknik dalam membuat concept art.
- **Aplikasi Concept Art dalam Industri**: Menerapkan concept art dalam industri game, film, dan animasi.
### 13. **Environmental Graphic Design**
- **Desain Ruang dan Lingkungan**: Mendesain elemen visual untuk lingkungan fisik, seperti signage dan wayfinding.
- **Integrasi Identitas Visual**: Mengintegrasikan identitas visual perusahaan ke dalam lingkungan fisik.
- **Sustainability dalam Desain**: Mempertimbangkan aspek keberlanjutan dalam environmental graphic design.
### 14. **Other Related Fields**
- **Desain Interaktif**: Mengembangkan desain yang interaktif untuk berbagai platform digital.
- **Branding dan Identitas Visual**: Membangun dan menerapkan identitas visual yang konsisten untuk brand.
- **Design Thinking**: Menggunakan metode design thinking dalam proses desain untuk menghasilkan solusi inovatif.
Tags
KK