Pengertian Wireframing
Wireframing adalah proses pembuatan sketsa kasar atau representasi visual dari antarmuka pengguna (UI) dalam sebuah aplikasi atau website. Wireframe berfungsi sebagai blueprint yang menunjukkan layout, struktur, dan elemen-elemen dasar tanpa fokus pada elemen visual seperti warna, font, atau gambar.
Tujuan Wireframing
- Mendefinisikan Struktur: Menentukan elemen yang akan ada pada halaman, seperti menu, tombol, dan konten.
- Membantu Komunikasi: Menjadi alat komunikasi antara desainer, pengembang, dan pemangku kepentingan untuk memastikan pemahaman yang sama.
- Mengidentifikasi Masalah: Menemukan potensi masalah dalam navigasi atau layout sebelum memasuki fase desain yang lebih mendetail.
- Mempercepat Proses Desain: Memungkinkan perubahan dan iterasi yang cepat tanpa memerlukan banyak waktu pada desain visual.
Jenis Wireframe
- Low-Fidelity Wireframe: Sketsa sederhana yang biasanya dibuat dengan tangan atau menggunakan software dasar. Menekankan pada struktur dan layout.
- High-Fidelity Wireframe: Lebih detail dan mendekati desain akhir, sering kali mencakup elemen interaktif dan penempatan konten yang lebih tepat.
Proses Pembuatan Wireframe
- Riset dan Pengumpulan Informasi: Memahami kebutuhan pengguna dan tujuan aplikasi.
- Membuat Sketsa Kasar: Menggambar sketsa manual atau menggunakan alat wireframing digital.
- Mengatur Elemen: Menentukan penempatan elemen dan navigasi dalam layout.
- Feedback dan Iterasi: Mengumpulkan umpan balik dari tim dan pengguna, kemudian melakukan revisi.
Tools untuk Wireframing
- Balsamiq: Alat yang mudah digunakan untuk membuat wireframe low-fidelity.
- Figma: Platform kolaboratif untuk wireframing dan desain UI.
- Axure RP: Alat untuk membuat wireframe interaktif dengan fungsionalitas lebih.
- Sketch: Digunakan untuk membuat wireframe dan prototipe dengan fokus pada desain UI.
Kesimpulan
Wireframing adalah langkah penting dalam proses desain UI/UX. Dengan memberikan panduan visual yang jelas dan sederhana, wireframe membantu dalam merancang pengalaman pengguna yang efektif dan efisien sebelum beralih ke tahap desain yang lebih rinci.
Tags
KK